Pentingnya Keanekaragaman Spesies bagi Ekosistem-

Menurut Encyclopedia of Earth, keanekaragaman spesies adalah ukuran kekayaan spesies ekosistem dan kemerataan spesies. Jika suatu ekosistem memiliki keragaman spesies yang buruk, ekosistem tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik atau efisien. Kumpulan spesies yang beragam juga berkontribusi terhadap keanekaragaman ekosistem.

Kekayaan Spesies

Kekayaan spesies adalah jumlah spesies yang berbeda suatu ekosistem. Lingkungan yang dapat mendukung spesies dalam jumlah besar, seperti daerah tropis, cenderung memiliki kekayaan spesies yang lebih besar.

Kemerataan Spesies

The Encyclopedia of Earth mendefinisikan kemerataan spesies sebagai “variasi dalam kelimpahan individu per spesies dalam suatu komunitas.†Jika suatu komunitas memiliki disparitas yang besar antara jumlah individu dalam setiap spesies, komunitas tersebut memiliki kemerataan yang rendah. Jika jumlah individu dalam suatu spesies cukup konstan di seluruh komunitas, ia memiliki kemerataan yang tinggi. Jika komunitas A memiliki 10 individu yang terbagi antara dua spesies, tetapi spesies 1 mewakili sembilan individu, sedangkan spesies 2 hanya memiliki satu individu, maka komunitas A memiliki kemerataan yang rendah dan keragaman spesies yang lebih rendah. Jika komunitas B memiliki sepuluh individu yang terbagi dalam dua spesies, dengan spesies 1 memiliki empat individu dan spesies 2 memiliki enam individu, maka komunitas B memiliki kemerataan yang tinggi dan keragaman spesies yang lebih tinggi. Semakin merata jumlah hewan per spesies dalam suatu ekosistem, semakin besar keragaman spesiesnya.

Efisiensi Ekosistem

Sebuah studi dari University of Maryland menunjukkan bahwa dengan meningkatkan keanekaragaman spesies dalam suatu ekosistem, efisiensi dan produktivitas suatu ekosistem akan meningkat. Studi ini “meningkatkan kekayaan [spesies]…sehingga keberhasilan makan individu ditingkatkan.†Kekayaan dan keragaman spesies yang lebih besar dapat menyebabkan ekosistem berfungsi lebih efisien dan produktif dengan menyediakan lebih banyak sumber daya bagi spesies lain di dalamnya. ekosistem.

Spesies Batu Kunci

Spesies kunci memainkan peran penting, baik dalam menjaga keanekaragaman spesies dan kesehatan ekosistem. Spesies kunci adalah organisme yang membantu menjaga keanekaragaman spesies dalam suatu ekosistem dengan menjaga jumlah spesies lain dalam suatu ekosistem tetap konstan. Dengan tidak membiarkan satu spesies atau lainnya menjadi terlalu dominan, spesies kunci mempertahankan keanekaragaman spesies dan integritas ekosistem. Eksperimen yang dilakukan pada tahun 1969 oleh Robert Paine mengamati bahwa jika spesies bintang laut pemangsa dihilangkan dari suatu ekosistem, itu memungkinkan dua spesies kerang yang berbeda untuk mengalahkan spesies lain dalam ekosistem dan mengurangi keanekaragaman spesies.

Spesies Invasif

Spesies invasif adalah spesies asing yang diperkenalkan ke suatu ekosistem. Pusat untuk Spesies Invasif dan Kesehatan Ekosistem menyatakan bahwa “spesies ini tumbuh dan bereproduksi dengan cepat, menyebabkan gangguan besar pada area di mana mereka berada.” Spesies invasif mengalahkan spesies lain untuk makanan dan habitat. Karena spesies asli tidak dapat bersaing, mereka terpaksa meninggalkan ekosistem atau mati. Jika spesies invasif memaksa keluar terlalu banyak spesies lain, keanekaragaman spesies akan turun, yang dapat menyebabkan ekosistem berfungsi tidak efisien atau gagal.

ABDESIGN/iStock/GettyImages