Sekarang Ada Cara yang Lebih Baik untuk Menghitung Usia Anak Anjing Anda di “Tahun Manusia”-

Berapa umur doggie di jendela itu?

Anda mungkin pernah mendengar semua tentang “tahun anjing”, ditambah aturan praktis bahwa satu tahun anjing setara dengan tujuh tahun manusia. Dan itu pemikiran yang lucu, bukan? Sangat menyenangkan untuk berpikir bahwa anak anjing Anda yang berusia 2 tahun hampir seumuran dengan Anda – atau bahwa teman keluarga Anda yang berusia 14 tahun sebenarnya hampir berusia 100 tahun.

Tapi gali lebih dalam dan aturan itu agak berantakan. Lagi pula, anak anjing sering melewati “masa remaja” mereka yang memberontak sebelum mereka berusia satu tahun. Dan beberapa ras anjing hidup lebih lama dari yang lain. Jadi anjing terrier Jack Russell berusia 7 tahun – diperkirakan hidup 13 hingga 16 tahun – tidak boleh “seusia anjing” yang sama dengan anjing gembala Jerman berusia 7 tahun, yang memiliki umur rata-rata hanya tujuh tahun. sampai 10 tahun.

Dan itu karena, aturan tujuh tahun tidak benar-benar didasarkan pada sains. Nyatanya, tidak ada aturan keras dan cepat untuk menentukan usia anak anjing Anda dalam “tahun manusia”.

Setidaknya, sampai sekarang.

Yup, para ilmuwan akhirnya menemukan cara untuk benar-benar mengetahui usia anjing Anda. Dan, yang mengejutkan, semuanya bergantung pada genetika. Begini cara kerjanya.

Epigenetik: Kunci Penuaan Genetik

Ketika para ilmuwan mencari cara nyata untuk mengukur usia anjing, mereka langsung menuju ke sumbernya: DNA. Tetapi cara terbaik untuk menua anjing bukanlah dengan melihat susunan genetiknya – kecuali mutasi acak yang dapat terakumulasi sepanjang hidup anjing, gen itu sendiri tidak banyak berubah.

Sebaliknya, para ilmuwan melihat seberapa aktif gen itu, dan bagaimana hal itu berubah seiring bertambahnya usia anjing. Dan di situlah epigenetik masuk. Jika Anda tidak tahu, epigenetik adalah studi tentang aktivitas gen . Ini melacak apakah gen tertentu lebih atau kurang aktif. Beberapa gen mungkin menjadi lebih aktif seiring bertambahnya usia, sementara yang lain menjadi diam, atau “dimatikan” – sehingga hampir seperti tidak ada lagi.

Bagaimana Hubungan Epigenetik dengan Penuaan?

Para peneliti yang mempelajari penuaan anjing mengamati modifikasi genetik yang disebut metilasi gen. Persis seperti itu: bahan kimia kecil, yang disebut gugus metil, menempel pada DNA, dan gen itu kemudian dianggap termetilasi. Metilasi menurunkan aktivitas gen , yang berarti membungkam gen, sehingga tidak lagi diekspresikan dan digunakan untuk membuat protein.

Metilasi cenderung lebih umum seiring bertambahnya usia. Para ilmuwan sudah tahu bahwa cara kerjanya pada manusia – seiring bertambahnya usia, gen Anda menjadi semakin termetilasi – dan itu juga terjadi pada mamalia lain, seperti serigala.

Dan ternyata, hal yang sama juga terjadi pada anjing. Untuk memeriksanya, para peneliti memindai genom dari 104 pemungut Labrador dari berbagai usia, untuk melihat bagaimana tingkat metilasi DNA mereka sesuai dengan usia mereka. Mereka menemukan pada tingkat metilasi anjing mengikuti lintasan yang mirip dengan manusia.

Jadi, Bagaimana Cara Mengetahui Umur Anjing Anda?

Karena para peneliti sekarang memiliki garis waktu untuk metilasi DNA seiring bertambahnya usia anjing, mereka dapat membandingkannya dengan tingkat metilasi pada manusia – dan mencari tahu bagaimana “tahun anjing” dan “tahun manusia” benar-benar sejalan.

Secara keseluruhan, mereka menemukan bahwa anjing biasanya mencapai pubertas sekitar 10 bulan – jadi anak anjing Anda yang berusia 1 tahun benar-benar “remaja”. Dan mereka juga menemukan rumus untuk menghitung umur anjing menggunakan logaritma natural:

• Umur anjing dalam tahun manusia = 16 ln(umur anjing) + 31

Artinya anak anjing umur 3 bulan, baru siap dibawa pulang, setara dengan umur 8 tahun. Dan Fido yang berusia 10 tahun sebenarnya berusia sekitar 67 tahun. Dan jika anjing Anda berusia 14 tahun? Itu berarti sekitar 73 tahun dalam tahun manusia.

Jadi apa selanjutnya dalam penelitian anjing? Nah, penelitian ini mengamati anjing dari satu ras, jadi mungkin saja ras tertentu menua secara genetik lebih cepat daripada yang lain. Penulis penelitian telah meluncurkan Proyek Penuaan Anjing, yang mengumpulkan data semua ras, untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerjanya.

Namun, sementara itu, gunakan rumus di atas untuk memperkirakan berapa sebenarnya usia sahabat berbulu Anda. Semoga Anda juga cukup sigap untuk menangkap frisbee di usia 73 tahun!

redstallion/iStock/GettyImages