Tumbuhan & Hewan Asli Kolombia-

Terletak sebagian di Andes utara, dengan garis pantai di Samudra Pasifik dan Laut Karibia, geografi Kolombia yang unik menghasilkan lima ekosistem yang sangat berbeda di dalam perbatasannya: alpine tundra, atau paramo; hutan hujan; hutan awan dataran tinggi; wilayah pesisir; dan dataran — atau los llanos. Karena Kolombia sangat dekat dengan garis khatulistiwa, Kolombia tidak mengalami variasi musim yang signifikan.

Paramos

Paramos adalah ekosistem tropis dataran tinggi yang baru mulai dipahami oleh komunitas ilmiah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekosistem unik ini menghasilkan spesies baru lebih cepat daripada ekosistem lain mana pun di Bumi. Paramos Kolombia adalah rumah bagi 68 spesies frailejones, tumbuhan berbunga yang menangkap air dari kabut yang lewat. Bersama dengan lumut dan lumut ekosistem, frailejones menyaring dan mengatur air yang akhirnya turun ke dataran rendah Columbia. Paramo Kolombia juga merupakan rumah bagi sekitar 5.000 spesies tumbuhan unik lainnya.

Hutan Awan

Duduk tepat di bawah paramos di ketinggian adalah hutan awan Kolombia. Hutan-hutan ini termasuk dalam taman nasional Las Orquà deas di negara itu ­, dinamai menurut lebih dari 200 spesies anggrek yang ditemukan di sana. Hutan awan juga mengandung banyak spesies asli Kolombia lainnya, termasuk spesies jaguar, puma, monyet, rusa, burung, kelelawar, dan serangga. Hutan awan juga merupakan rumah bagi beruang berkacamata yang terancam punah. Para ilmuwan percaya bahwa perubahan iklim dapat memengaruhi tanaman favorit beruang untuk dimakan – memaksa mereka untuk mencari makanan lebih keras dan lebih jauh dan mungkin membuat mereka bersaing dengan spesies lain.

Hutan hujan Amazon

Kira-kira sepertiga dari Kolombia ditutupi oleh Amazon; seperti hutan hujan terbesar lainnya di dunia, kawasan ini adalah rumah bagi banyak spesies unik. Pada 2013, para peneliti mengungkap penemuan dua spesies baru di Amazon Kolombia: Cercosaura hypnoides dan Callicebus caquetensis. Cercosaura hypnoides adalah kadal hitam kecil yang dianggap terancam punah dan Callicebus caquetensis adalah salah satu dari sekitar 20 spesies monyet titi yang hidup di Amazon. Ketika monyet-monyet ini masih bayi, mereka menunjukkan kepuasan dan kasih sayang mereka dengan mendengkur, seperti anak kucing.

Wilayah Pesisir

Terletak di perbatasan ekosistem air dan darat, wilayah pesisir Kolombia adalah rumah bagi hutan bakau. Karena tingginya volume bahan organik yang membusuk, ekosistem pesisir ini menjadi rumah bagi sejumlah besar ikan. Hutan bakau mengandung banyak spesies bakau serta populasi kerang laut dan moluska yang berkembang pesat; masyarakat setempat sering memanen kerang yang dikenal sebagai piangua hembra. Sejumlah mamalia menghuni hutan bakau ini, termasuk kucing harimau, nutria, dan babi hutan yang dikenal sebagai “tatabro”.

Los Llanos (Dataran)

Padang rumput, atau Los Llanos, terletak terutama di sekitar Cekungan Sungai Orinoco, yang terletak di antara Kolombia dan Venezuela. Sungai itu sendiri adalah rumah bagi buaya Orinoco asli dan terancam punah, yang diketahui panjangnya mencapai 23 kaki. Kura-kura Orinoco, berang-berang raksasa, armadillo raksasa, dan elang hitam-kastanye adalah spesies terancam punah lainnya di Los Llanos. Dataran juga menjadi tuan rumah bagi banyak burung yang bermigrasi, seperti kaki kuning dan beberapa spesies sandpiper.

PETERLAKOMY/iStock/Getty Images