Tumbuhan & Hewan di Honduras-

Honduras adalah negara terbesar kedua di Amerika Tengah, membentang melintasi tanah genting dari Karibia hingga Pasifik. Meskipun terjadi deforestasi yang agresif, Honduras masih memiliki lebih banyak kawasan hutan daripada kebanyakan negara lain di kawasan ini. Beberapa jenis hutan mendominasi lanskap, termasuk hutan awan, hutan pinus, hutan hujan dan hutan bakau. Spesies tumbuhan dan hewan berlimpah di ekosistem hutan Honduras yang beragam, termasuk spesies yang telah menghilang dari wilayah lainnya. Lebih dari satu suaka margasatwa Honduras telah disisihkan untuk melindungi keragaman kehidupan di daerah tersebut.

Mamalia Di Honduras

Lebih dari 200 spesies mamalia ditemukan di hutan Honduras. Beberapa makhluk langka termasuk di antara hewan Honduras. Kelelawar (Chiroptera) berjumlah hampir setengah dari mamalia di negara ini dengan 98 spesies yang diketahui menempati setiap ekosistem hutan. Jaguar ikonik (Panthera onca) adalah salah satu spesies paling langka di seluruh Amerika Tengah. Paling sering terlihat di kawasan bakau, jaguar adalah spesies yang terancam punah di Honduras. Manatee India Barat (Trichechus manatus), dulu umum di sepanjang pantai Karibia Honduras, sekarang jarang terlihat kecuali di daerah bakau terpencil. Hewan nasional Honduras, rusa berekor putih (Odocoileus virginianus), adalah spesies rusa terbesar di negara tersebut. Paling sering terlihat di dataran rendah dan hutan pinus, rusa berekor putih merupakan spesies yang dilindungi. Berbagai macam monyet juga ditemukan di Honduras, termasuk capuchin berkepala putih (Cebus capucinus), monyet laba-laba Meksiko (Ateles geoffroyi vellerosus) dan monyet howler bermantel emas (Alouatta palliata palliata).

Kelimpahan Burung

Honduras memiliki keanekaragaman spesies burung yang sangat kaya. Ada 18 spesies nuri, termasuk parkit berdagu jingga (Brotogeris jugularis), macaw hijau besar (Ara ambigua), parkit Pasifik (Aratinga strenua) dan macaw merah (Ara macao), yang merupakan burung nasional Honduras. Ditemukan di hutan tropis dataran tinggi, burung layang-layang bertopi hitam (Notiochelidon pileata) adalah burung migran yang umum di Honduras. Toucan bermandibel kastanye (Ramphastos swainsonii) sering terlihat di hutan dataran rendah pesisir Honduras. Dikenal karena wajahnya yang berwarna cerah dan paruh yang berlebihan, mereka terkadang dipelihara sebagai hewan peliharaan meskipun merupakan spesies yang dilindungi.

Pohon Tropis

Setiap ekosistem hutan memiliki spesies kunci, artinya satu spesies menentukan tipe hutan. Di Honduras, pohon mangrove hitam (Avicennia germinans) dan mangrove merah (Rhizopora mangle) menunjukkan batas ekosistem mangrove. Pohon mahoni (Swietenia macrophylla) kadang-kadang bercampur dengan spesies bakau di lahan kering, menandakan awal dari hutan pinus dataran rendah pesisir. Pinus Honduras (Pinus caribaea var. hondurensis) dan pinus ocote (Pinus oocarpa) adalah satu-satunya dua spesies pinus di negara ini, meskipun mereka mendominasi hutan dataran rendah yang luas. Salah satu pohon paling mengesankan di Honduras adalah ceiba (Ceiba pentandra). Kadang-kadang disebut kapuk, itu adalah pohon besar yang tingginya bisa mencapai 250 kaki dengan batang berdiameter 10 kaki.

Tumbuhan Berbunga

Vegetasi Honduras sangat kaya. Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada lebih dari 5.000 spesies tumbuhan di Honduras. Tumbuhan berbunga berlimpah di sebagian besar wilayah negara, tempat mereka menyediakan makanan bagi spesies serangga dan burung. Salah satu spesies tanaman paling subur di Honduras adalah sage (Salvia). Bijak persik (Salvia dorisiana), bijak Karwinski (S. karwinskii) dan bijak anggur biru (Salvia cacaliifolia) semuanya adalah spesies semak dan abadi yang tumbuh subur di hutan pegunungan yang sejuk di Honduras tengah. Teratai kuning (Nelumbo lutea) yang dulunya merupakan sumber makanan bagi masyarakat adat adalah salah satu dari sedikit tumbuhan berbunga yang ditemukan di hutan bakau. Dikenal dengan bunganya yang berbentuk cangkir berwarna kuning, sering ditanam di taman air sebagai tanaman hias.

gambar predator jaguar oleh Pali A dari Fotolia.com