Daftar Bunga Punah-

Tumbuhan asli menghadapi banyak ancaman yang sama terhadap kelangsungan hidup mereka yang dihadapi oleh hewan yang terancam dan hampir punah. Deforestasi, hilangnya habitat, spesies invasif, dan pemanenan berlebihan adalah beberapa faktor yang mendorong lebih banyak tanaman menuju jurang kepunahan. Sementara masa depan tidak pasti untuk banyak spesies, untuk beberapa tidak ada masa depan. Ribuan spesies tumbuhan telah melewati batas. Tidak ada lagi spesies mereka yang ditemukan di alam liar, jika spesies mereka ada. Contoh singkat dari beberapa tumbuhan berbunga yang telah menghilang dari planet Bumi menunjukkan bahwa hilangnya flora terjadi di seluruh dunia.

Meksiko

Cosmos atrosanguineus, biasa disebut chocolate cosmos, adalah sejenis bunga aster yang berasal dari Meksiko. Cokelat kosmos punah di alam liar. Dalam kultivasi, ada satu klon yang bertahan. Kosmos cokelat mencapai ketinggian 40 hingga 60 cm dan menghasilkan bunga berwarna merah gelap dengan aroma seperti cokelat.

Britania

Di antara tanaman berbunga yang menghilang dari Inggris adalah tiga spesies protea — pagoda gada, Wynberg conebush, dan powderpuff kecil. Spesies ini memiliki populasi yang terbatas pada saat penemuan mereka dan perkembangan selanjutnya dan hilangnya habitat kemungkinan penyebab yang menyebabkan kepunahan mereka.

India

Euphorbia mayurnathanii adalah tumbuhan berbunga India yang kini telah punah di alam liar. Tanaman ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1940 ketika ditemukan tumbuh di langkan berbatu. Euphorbia mayurnathanii bertahan hidup sebagai spesies yang dibudidayakan.

Spanyol

Lysimachia minoricensis ditemukan di Spanyol. Hilangnya habitat disalahkan atas kepunahannya di alam liar. Ditemukan hanya di satu lokasi di negara itu, ia menghilang dari alam antara tahun 1926 dan 1950. Ia bertahan sebagai spesies yang dibudidayakan, dan upaya telah dilakukan untuk memperkenalkannya kembali ke alam liar.

Santo Helena

Acalypha rubrinervis, semak gunung St. Helena, adalah anggota dari keluarga pohon tali, menghasilkan bunga bertekstur dan berwarna-warni. Ditemukan di pulau Saint Helena di Samudra Atlantik Selatan, Acalypha rubrinervis menghilang dari pulau itu seiring dengan meningkatnya populasi manusia.

Yaman

Valerianella affinis, tanaman tahunan yang tumbuh di lereng bukit yang kering, hanya terlihat di satu lokasi di Yaman abad ke-19. Spesimen kering adalah satu-satunya yang tersisa dari tanaman yang punah ini, meskipun penyelidikan statusnya terus berlanjut.

Perancis

Cry violet atau Cry pansy, secara ilmiah bernama Viola cryana, adalah penduduk asli Perancis yang kini telah punah. Penghancuran habitat dalam penggalian batu kapur dan pengumpulan berlebihan oleh kolektor menyebabkan tanaman tersebut punah di alam liar pada tahun 1930, dan tidak lagi tersedia untuk dibudidayakan pada tahun 1950.

Björn Appel: wikipedia.org