Fakta Tentang Gravitasi untuk Anak-Anak-

Gravitasi adalah salah satu dari empat gaya dasar alam, yang tanpanya alam semesta tidak dapat dikenali. Gravitasi adalah yang terlemah dari keempat gaya ini, tetapi penting bagi kehidupan di Bumi dan struktur alam semesta. Segala sesuatu yang memiliki materi menghasilkan gravitasi, dari sebutir pasir hingga benda terbesar di alam semesta. Gravitasi itu menyatukan banyak hal.

Ukuran diperhitungkan

Dalam hal gravitasi, semakin besar suatu benda, semakin kuat gayanya. Seseorang menciptakan gravitasi tetapi tidak cukup untuk menarik benda ke arahnya atau menyebabkan benda-benda mengorbit di sekelilingnya. Di sisi lain, sebuah planet memiliki gravitasi yang cukup untuk menarik benda ke orbit di sekitarnya. Sebuah bintang membuat gravitasi yang cukup sehingga dapat menarik seluruh tata surya ke orbitnya, seperti milik kita. Gravitasi matahari kita begitu kuat sehingga menahan sebuah objek — Pluto — yang jaraknya kira-kira 3,7 miliar mil di orbit.

Gravitasi Membuat Bulan Tetap di Tempatnya

Bulan berada di orbit mengelilingi Bumi. Itu berarti ia mengelilingi Bumi tanpa menabraknya atau hanyut. Alasan Bulan bisa melakukan ini adalah tarikan gravitasi planet kita. Tidak ada yang tahu pasti apakah Bulan adalah bagian dari Bumi yang terlepas sebelum planet mendingin, potongan yang lewat yang ditangkap oleh gravitasi atau konglomerasi puing-puing ruang angkasa yang disedot Bumi dan dibuat menjadi bola — tapi kita tahu bahwa gravitasi membuatnya tetap di tempatnya.

Gravitasi Menyebabkan Pasang Lautan

Karena terbuat dari materi, Bulan juga memiliki gaya tarik gravitasi, namun tidak cukup kuat untuk menggerakkan Bumi. Namun, cukup kuat untuk menggerakkan lautan. Setiap kali air di pantai surut dan kembali dengan pasang surut, lautan bereaksi terhadap tarikan gravitasi Bulan. Matahari menyebabkan beberapa pasang surut juga.

Sir Ishak Newton

Isaac Newton adalah astronom, matematikawan, dan fisikawan yang menemukan gaya gravitasi dan merumuskan Hukum Gravitasi Universal. Ada sebuah cerita populer bahwa dia membuat penemuan ketika sebuah apel jatuh dari pohon dan mengenai kepalanya. Kisah ini kemungkinan besar apokrif meskipun apa pun yang jatuh di Bumi – termasuk apel – tunduk pada tarikan gravitasi planet.

Manusia Membutuhkan Gravitasi untuk Bertahan Hidup

Tanpa gravitasi, semua orang dan benda lain akan melayang ke luar angkasa. Gravitasi juga membuat Bumi cukup dekat dan cukup jauh dari matahari sehingga kita tidak membeku atau terbakar. Oleh karena itu, kehidupan tidak akan dimulai di Bumi jika bukan karena gaya gravitasi.

Hemera Technologies/AbleStock.com/Getty Images