Kapan Pengujian DNA Pertama Kali Digunakan?-

Tes DNA berevolusi dari studi genetika, yang dimulai pada akhir 1800-an ketika Gregor Mendel pertama kali mempelajari fenomena sifat-sifat yang diwariskan pada tanaman kacang. Karyanya meletakkan dasar untuk penemuan DNA, atau asam deoksiribonukleat, molekul yang mengandung susunan genetik kita. Terlepas dari kenyataan bahwa hampir 99 persen DNA manusia serupa, ada cukup perbedaan dalam 1 persen sisanya untuk memungkinkan identifikasi seseorang.

Fakta DNA

DNA terdiri dari empat bahan kimia dasar, adenin, guanin, sitosin, dan timin. Ini berpasangan satu sama lain untuk membentuk struktur heliks ganda. DNA diturunkan dari orang tua ke anak melalui kromosom. Setiap sel manusia memiliki 46 kromosom, setengahnya diwarisi dari ibu dan setengahnya lagi dari ayah. Kromosom dan DNA yang dikandungnya memungkinkan untuk menentukan garis keturunan genetik seseorang.

Tes Awal

Tes genetika pertama dilakukan oleh Gregor Mendel, seorang biarawan Austria yang memulai dengan menyilangkan berbagai jenis tanaman kacang polong pada tahun 1856. Dia mampu menciptakan varietas tanaman baru yang memperlihatkan sifat-sifat yang diturunkan dari generasi sebelumnya. Beberapa sifat yang dia ukur terkait dengan warna dan ukuran kacang polong. Meskipun mereka adalah tes yang belum sempurna, mereka menunjukkan perbedaan antara gen dominan dan resesif, mengingat sifat apa yang ditunjukkan pada keturunan kacang polong, dibandingkan dengan induknya. Karya inilah yang membuat Mendel mendapat pengakuan sebagai “Bapak Genetika”.

Gunakan dalam Sistem Hukum

Ketika pemahaman kita tentang genetika dan DNA berkembang, demikian pula kemungkinan penerapan sains. Tes DNA memasuki sistem hukum AS pada tahun 1987, ketika Tommy Lee Andrews dari Florida dihukum karena pemerkosaan setelah tes mencocokkan sampel darahnya dengan air mani yang tertinggal di TKP. DNA juga dapat digunakan untuk membersihkan seseorang dari kejahatan. Glen Woodall dari Virginia Barat berada di penjara karena pemerkosaan, penculikan, dan perampokan ketika tes DNA berikutnya membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Dia dibebaskan pada tahun 1991 setelah menjalani empat tahun penjara.

Tes Paternitas

Karena DNA diwariskan dari kedua orang tua, adalah mungkin untuk menentukan garis keturunan secara meyakinkan. Salah satu tes paternitas paling terkenal adalah pada tahun 1998. Tes ini melibatkan Thomas Jefferson dan seorang budak bernama Sally Hemings. Berdasarkan DNA dari keturunan keduanya, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Jefferson adalah ayah dari keenam anak Hemings.

Identifikasi

Menggunakan tes DNA sebagai alat identifikasi menjadi lebih umum. Pada tahun 1992, Angkatan Darat mulai mengumpulkan sampel DNA dari rekrutan untuk mempermudah mengidentifikasi tentara yang tewas dalam aksi, terutama bila hanya ada sedikit yang tersisa. Pada tahun 1998, DNA yang diekstraksi dari sisa-sisa tulang digunakan untuk mengidentifikasi anggota layanan Perang Vietnam yang tidak dikenal yang dimakamkan di Pemakaman Nasional Arlington. Jenazah diidentifikasi sebagai Angkatan Udara Letnan Satu Michael Blassie.