Sebuah Fault Line di California Merayap – Apakah Yang Besar Akan Datang?-

Ada garis patahan yang merayap di California.

Tidak yakin apa artinya itu? Jangan merasa terlalu buruk. Bahkan para ilmuwan yang telah mendedikasikan studi bertahun-tahun untuk gempa bumi dan aktivitas tektonik tidak terlalu yakin apa arti garis patahan yang merambat. Tetapi beberapa orang masih khawatir bahwa Yang Besar – gempa berkekuatan 8 yang dapat melanda California dan meninggalkan kekacauan dan kehancuran – akan datang lebih cepat daripada nanti.

Inilah Yang Kami Ketahui:

Para ilmuwan merilis sebuah studi akhir pekan lalu tentang aktivitas di patahan Garlock. Anda mungkin ingat bahwa pada bulan Juli, gempa berkekuatan 6,4 melanda California Selatan. Selama tiga minggu ke depan, serangkaian lebih dari 110.000 gempa susulan terjadi di daerah tersebut, termasuk yang berkekuatan 7,1 sekitar 36 jam setelah gempa asli. Gempa tersebut kemudian dikenal sebagai gempa bumi Ridgecrest.

Para peneliti yang mengerjakan penelitian ini menggunakan citra radar satelit untuk mendeteksi pergerakan bawah tanah dari luar angkasa. Mereka menentukan bahwa semua gempa susulan itu memberi tekanan ekstrem pada area yang dikenal sebagai patahan Garlock, yang berada di Gurun Mojave. Setelah gempa, mereka mendeteksi pergerakan di sepanjang patahan untuk pertama kalinya dalam catatan sejarah.

Gerakan tersebut belum memicu gempa atau bahkan guncangan kecil. Sebaliknya, ini adalah gerakan lambat, yang hanya bisa digambarkan oleh para ilmuwan sebagai “merayap”.

Apa itu Merayap, dan Yang Besar Datang atau Tidak?

Merayap bukanlah hal baru – ini pernah terjadi sebelumnya di sepanjang Patahan San Andreas, dan tidak memicu gempa bumi. Faktanya, beberapa peneliti percaya bahwa merayap sebenarnya dapat membantu mengurangi stres pada garis patahan, membuatnya tidak mudah berubah. Bukan hal yang aneh jika merayap dimulai sebagai akibat dari gempa terdekat lainnya dan kemudian berhenti begitu saja, tanpa menyebabkan kerusakan besar saat selesai.

Tapi itu tetap tidak berarti bahwa para peneliti tahu persis apa yang sedang terjadi. Peristiwa seismik besar sangat sulit untuk diprediksi, dan para ilmuwan tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa Yang Besar akan datang, apakah ada hubungannya dengan itu atau tidak.

Lebih dari segalanya, insiden tersebut menyoroti betapa tidak mungkin untuk mengetahui kapan gempa bumi yang terlambat akan terjadi, jadi bersiaplah apa pun yang terjadi. Jika Anda berada di California, periksa sumber daya ini untuk memastikan Anda, keluarga, dan teman sekelas Anda mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat gempa.

Berita George Rose/Getty Images/GettyImages